Penyebab Korsleting Berdasarkan Ilmu Elektronika

Penyebab Korsleting Berdasarkan Ilmu Elektronika

Listrik menjadi kebutuhan yang hampir dimiliki semua orang, peran dan manfaat untuk aktivitas juga sangat besar. Menariknya saat ini listrik telah menjadi salah satu indikator utama yang terdapat pada teknologi tertentu. Pembuatan listrik juga berdasarkan penerapan dari ilmu elektronika.

Pengertian Korsleting Menurut Ilmu Elektronika

Korsleting merupakan kondisi dimana listrik tidak dapat bekerja sebagaimana semestinya. Hal tersebut jika dibiarkan akan berdampak buruk salah satunya menjadi pemicu insiden kebakaran, tersetrum, dan masih banyak lagi, Mengatasi hal tersebut Anda harus lebih selektif dalam menghadapi korsleting.

Korsleting menjadi salah satu hal yang seringkali terjadi, penyebab dari kejadian tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu manusia dan alami. Faktor yang disebabkan oleh manusia biasanya timbul akibat kecerobohan atau kelalaian pada saat menggunakan tenaga listrik.

Faktor alami yang menyebabkan terjadinya korsleting salah satunya yaitu suhu tinggi dan dan terkenai air. Hal tersebut juga bisa Anda cegah agar tidak terjadi korsleting yaitu dengan cara menjauhkan benda bermuatan arus listrik dari fentilasi udara ataupun ruangan yang lembab.

Penyebab korsleting Listrik

korsleting menjadi insiden berbahaya jika telat dan salah dalam melakukan penanganan, hal ini membuat seseorang harus mengetahui secara pasti penyebabnya. Berikut ini penyebab terjadinya korsleting berdasarkan ilmu elektronika yang wajib untuk Anda ketahui secara detail:

1.Sambungan Kabel Tidak Sempurna

Menurut ilmu elektronika, penyebab terjadinya korsleting secara umum yaitu sambungan pada kabel tidak sesuai jalur. Isolator juga dipasang dengan banyak celah, sehingga membuat aliran arus listrik keluar dari jalur yang seharusnya.

2. Rendahnya Kualitas Rangkaian LIstrik

Penyebab terjadinya korsleting selanjutnya yaitu rangkaian listrik tidak berkualitas sehingga mudah rusak. Kondisi tertentu juga berpeluang menambah kerusakan pada rangkaian listrik yang semakin berpeluang mengakibatkan terjadinya korsleting.

3.Suhu Tinggi

Penyebab terjadinya korsleting secara alami bisa juga dipengaruhi oleh faktor suhu. Kenaikan suhu yang terlalu tinggi membuat listrik berpeluang mengalami konslting dalam jangka panjang ataupun pendek. Mengatasi hal ini Anda bisa meletakan benda yang memiliki arus lebih pada ruangan tertutup.

Nah itulah sekilas informasi mengenai penyebab terjadinya korsleting dari berbagai faktor. Pastikan untuk memberikan keamanan dari listrik sehingga tidak membahayakan keselamatan. Hal ini bisa mulai dilakukan dengan menerapkan penggunaan listrik sesuai prosedur ilmu elektronika.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.