Cara Membersihkan Tinta Printer Epson

Cara Membersihkan Tinta Printer Epson

Pernahkah Anda mengalami hasil cetak yang buruk, seperti tinta yang macet atau terputus-putus? Ini berarti printer yang mengalami kerusakan parah. Ada cara mudah untuk memperbaikinya yaitu dengan menggunakan driver printer, sebuah aplikasi penghubung mesin cetak dengan PC.

Cara Membersihkan Tinta Printer Epson

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan, mulai dari pergi ke pengaturan hingga menunggu prosesnya selesai. Namun sebelum melakukan itu, pastikan PC atau laptop sudah memiliki aplikasi driver. Jika belum maka download driver printer epson melalui link di internet dan install hingga selesai.

  1. Masuk Ke Bagian Pengaturan di Driver

Langkah pertama ialah cek bagian pengaturan, baik di driver ataupun pengaturan. Masuk ke bagian printer dan scanner atau device dan printer. Nanti akan tersedia pilihan head cleaning, itulah yang harus Anda click. Jika terdapat pertanyaan dengan jawaban OK atau Cancel, bisa langsung pilih OK.

Sebelum klik ok sebagai pilihan terakhir, siapkan kertas minimal 2 – 5 lembar pada printer. Ini akan menjadi kertas uji coba tinta selama proses, jika tidak tersedia maka bisa gagal. Bila Anda tidak memiliki kertas bekas maka bisa menggunakan 1 lembar, namun harus sigap meletakkan kembali ke printer untuk cetakan ke 2.

  1. Lakukan Nozzle Check

Saat proses pembersihan sudah selesai maka pengguna perlu melakukan nozzle check. Pengecekan ini ialah proses deteksi apakah masih ada bagian tinta yang macet. Jika ia maka lakukan pengecekan ulang sehingga hasilnya bisa 100 persen meyakinkan.

Cara cek nozzle apakah sudah baik atau belum ialah terdapat tanda warna yang terputus. Pada saat melakukan cleaning, nanti printer akan mencetak hasilnya yaitu berupa kota dengan garis – garis warna di dalamnya. Jika Anda menemukan kejanggalan atau ketidaksempurnaan, maka segera lakukan pembersihan ulang.

  1. Coba Tes Print 1 Lembar Penuh

Saat sudah mengeluarkan hasil cek yang memuaskan dan sempurna, maka Anda perlu melakukan tes print. Sebelumnya pastikan terdapat kertas dan tinta yang cukup agar tidak terdapat hambatan.

Lakukan print solemn asal, bisa yang berupa teks satu halaman full atau kasih satu buah gambar. Tujuan dari tes ini ialah memastikan tinta dan hasil cetaknya sudah benar-benar bagus.

Demikian tentang Cara Membersihkan Tinta Printer Epson melalui driver secara mudah.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.