Resep Nasi Ayam Hainan Lezat

Nasi Ayam Hainan adalah salah satu hidangan Asia yang sangat terkenal. Hidangan ini berasal dari Hainan, provinsi tropis di selatan China. Nasi Ayam Hainan memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang lembut, serta dihiasi dengan bumbu yang meresap ke dalam daging ayam dan nasi. Bagi pecinta kuliner, hidangan ini adalah must-try yang tak boleh terlewatkan. Mari kita lihat bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Resep Nasi Ayam Hainan Lezat

Resep Nasi Ayam Hainan Lezatnya Perpaduan Aroma dan Rasa

Bahan-bahan:

1 ekor ayam utuh (sekitar 1,5 kg)

2 cangkir beras jasmin

4 iris jahe segar

4 siung bawang putih

2 batang serai, memarkan

4 gelas air kaldu ayam

2 sendok makan minyak wijen

Garam secukupnya

Kecap asin

Saos cabai atau saus sambal (opsional)

Cara Membuat:

Menyiapkan Ayam:

Pertama-tama, cuci bersih ayam dan pastikan tidak ada bulu yang tersisa. Selanjutnya, rebus ayam dalam air mendidih selama 10-15 menit. Ini bertujuan untuk menghilangkan darah dan kotoran yang mungkin masih menempel pada ayam. Setelah direbus, tiriskan ayam.

Menggoreng Bawang Putih dan Jahe:

Panaskan sedikit minyak di dalam wajan besar, kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Hal ini akan memberikan aroma yang lezat pada nasi Ayam Hainan Anda.

Menggoreng Beras:

Masukkan beras jasmin yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk-aduk dengan bawang putih dan jahe hingga beras tercampur rata dan berubah sedikit kekuningan.

Memasak Nasi:

Pindahkan campuran beras dan bumbu ke dalam rice cooker atau panci. Tambahkan air kaldu ayam, serai, dan sedikit garam. Masak nasi sesuai petunjuk rice cooker atau hingga matang sempurna jika menggunakan panci biasa.

Memasak Ayam:

Sementara nasi dimasak, letakkan ayam yang sudah direbus di atas rak dan olesi dengan minyak wijen. Panggang ayam dalam oven pada suhu 180°C selama sekitar 30-40 menit atau hingga kulitnya menjadi kecokelatan dan renyah.

Memotong Ayam:

Setelah matang, potong ayam menjadi potongan-potongan kecil yang mudah disajikan.

Menyajikan:

Letakkan potongan ayam di atas piring bersama dengan nasi Hainan yang harum. Sajikan dengan kecap asin, saus cabai atau saus sambal sesuai selera Anda.

Nasi Ayam Hainan siap untuk dinikmati. Hidangan ini begitu kaya akan rasa dan aroma yang menggugah selera. Semoga resep ini dapat memenuhi keinginan Anda untuk mencicipi masakan khas Hainan yang lezat. Selamat mencoba dan berbagi resep masakan ini kepada teman dan keluarga Anda! Berbagi Resep Masakan memang penting agar kita semua bisa menikmati kelezatan hidangan dari seluruh dunia.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.